Minggu, 12 April 2009

PCOS - polycystic ovarian syndrome


Sekiranya anda seorang yang sukar untuk hamil, mengalami simtom seperti haid yang tidak teratur dan mempunyai berat badan berlebihan, anda mungkin mengalami PCOS.
PCOS atau polycystic ovarian syndrome ialah keadaan yang boleh menganggu sistem peranakkan wanita dimana folikel-folikel yang terdapat didalam ovari tidak menjadi matang dan seterusnya gagal untuk mengeluarkan telur. Folikel-folikel terkumpul didalam ovari dan menjadi cysta-cysta kecil yang boleh dilihat melalui ultrasounds scan. Ia berlaku 6-10% dikalangan wanita dan di antara penyebab utama mengapa wanita gagal hamil.

Siapa yang berisiko untuk mendapat PCOS?

PCOS boleh dihadapi oleh sesiapa jua tidak bangsa tetapi umur yang kerap berlaku ialah diantara 20-30 tahun. Ia juga ada kaitan dengan faktor keturunan.
Teori punca PCOS

Setakat ini tidak diketahui bagaimana ia boleh berlaku tetapi terdapat beberapa teori yang hangat diperkatakan:

Kekurangan hormon
Ia mungkin disebabkan kekurangan hormon kerana mereka yang mengidap PCOS didapati tidak mengandungi tahap hormon yang secukupnya untuk ovulasi berlaku. Untuk berlaku ovulasi, hormon FSH dan LH mestilah berada dalam keadaan yang seimbang tetapi ia tidak berlaku pada mereka yang mengidap PCOS. Oleh yang demikian, folikel didalam ovari tidak berkembang dan gagal matang seterusnya tiada berlaku ovulasi.

Kebal kepada insulin
PCOS mungkin juga disebabkan oleh badan yang kebal kepada insulin. Ini menambahkan lagi risiko anovulasi.

Faktor genetik
Ia mungkin disebabkan oleh penyakit keturunan kerana terdapat ramai dikalangan PCOS mempunyai keluarga yang mengidap PCOS.

Apa simtom dan tanda PCOS?

Terdapat banyak simtom dan tanda PCOS. Tetapi kebanyakkan dari wanita yang mengidap PCOS mengalami simtom yang berbeza-beza diantara satu sama lain seperti:
Haid yang tidak teratur (gue sempat mengalami ini setelah dikuret tahun 2005)
Tiada haid selama berbulan-bulan
Tiada ovulasi
Pertambahan berat badan yang keterlaluan
(gue banget nih, naik 10kg dalam waktu 6 bln setelah married... Happy berat booo )
Tumbuh bulu lebat pada muka dan badan
Kencing manis
Polycystic Ovarian Syndrome dan masalah kesuburan


Salah satu komplikasi yang terbesar ialah sukar hamil kerana kebanyakkan wanita ini tidak mengalami ovulasi seterusnya sukar untuk mendapatkan zuriat.

Macam-mana untuk mengetahui yang saya mengidap PCOS?

Sekiranya anda didapati sukar untuk hamil, doktor selalunya akan membuat beberapa ujian untuk memberikan diagnosa yang tepat terhadap masalah anda:
Ujian darah Luteinizing Hormone (LH)
Ujian darah Follicle Stimulating Hormone(FSH)
Ujian darah Progesterone/Testesterone
Ujian darah prolaktin
Ultrasound Pelvis- rahim dan ovari

Bagaimana merawat masalah ini?

Sekiranya anda didiagnosakan mempunyai PCOS, terdapat beberapa jenis rawatan yang boleh menolong anda mengurangkan simtom dan mengembalikan kesuburan anda.

Ubat subur - mungkin maksudnya obat hormon penyubur
Ialah ubat kesuburan yang boleh menolong anda mengalami ovulasi.

Ubat perancang keluarga - kayanya sejenis pil KB
Pil ini boleh mengembalikan semula hormon anda dan mengurangkan simtom seperti mengurangkan bulu yang berlebihan dan haid yang tidak teratur. Pill ini selalunya diberikan bagi mereka yang tidak bercadang untuk hamil.

Pembedahan - Laparoscopy
Sekiranya anda mengalami PCOS dan ubat subur tidak memberikan kesan yang memuaskan, doktor anda mungkin mencadangkan prosedur yang dinamakan ovarian drilling.
Ia adalah sejenis pembedahan dimana ovari akan dikorek dengan mengunakan alat yang khas.70% wanita mengalami ovulasi selepas menjalani prosedur ini.

(http://portal.alamhamil.com/index.php?option=com_content&view=article&id=89:polycystic-ovarian-syndrome-pcos&catid=35:sukar-hamil&Itemid=57)

hahahhha.... ternyata dapat info lengkapnya malah dari negara tetanga.

Semua tes darah itu udah gue kerjain dan hasilnya normal. Ke tujuh dokter gue juga sudah memberikan resep obat penyubur sampe pil KB tapi tetep aja hasilnya sel telur gue tetep kecil-kecil. Paling mentok cuma 12mm padahal harusnya paling ga 20mm. Akhirnya setelah bosen minum obat, dr Harini - RSPP menyarankan untuk di lakukan tindakan Laparoscopy. Kalo dia sih menggambarkan nya, perut gue akan dimasukin kamera trus indung telurnya di sobek sedikit supaya air2 yg mengisi keluar sehingga sel telurnya punya ruang untuk berkembang.

Waktu Oktober 2007, tes ini di RSPP makan biaya 2ojuta rupiah. Untungnya ada yg cover. Alhamdulillah banyak kemudahan.

Gue inget banget masuk ke RSPP nya Jumat malam, padahal hari itu ada temu alumni SMU 90 angkatan 98 di Mbah Jingkrak. Tadinya udah janjian sama Dame mau dateng. Udah diitung2 kalo gue bisa tenggo dari kantor trus setor muka ama makan dikit baru deh ke RSPP tapi ternyata ada tugas dadakan, walhasil gue baru keluar dari kantor jam 8 malem trus langsung meluncur ke RSPP. Yahhhh ga jadi deh ketemu temen2 lama....

Sampe di RSPP, langsung masuk ruangan sendiri..... si Ay belum kelar juga kerjanya. Baru tidur2an bentar udah disuruh ke kamar mandi buat dikuras isi perutnya ama dicukurin bulu2 nya...... ya ampunnnnnnnn... abis itu ga boleh makan apa2. hiks hiks hiks hiks...... laperrrr... nyesel ga makan dulu sebelumnya.

Pagi2 udah dibangunin suruh pake baju operasi yg kaya di film ER, which is depannya ketutup eh belakangnya ngablak. hehehheheee..... telenji lagi deh. yg lucu gue suruh pake mitela (barangsiapa bekas anak PMR pasti tau apa mitela itu..) di kepala. hihihihi.. gue jadi kaya babu negro di film Little Missy.. (ada yg inget???? )

Baru nyampe pintu ruang operasi , laki gue suruh tunggu di kamar aja. Yah padahal gue kan mau kaya yg di film2 itu... say goodbye or nangis2 bentar.. hehhehhehe... jadi nambah stress.

Gue baru kali ini masuk ruang operasi ... gileeee ternyata ga secanggih yg gue bayangkan. Ruangannya ga kaya di film2. biasa banget. banyak barang2 and yg jelas banyak serbet warna ijo dimana2. Sambil nyiapin obat biusnya, dokter anestesi ngajakin ngobrol ngalor ngidul soal mobil daihatsu - doi nanya laki gue kerja dimana :P

Jujur aja ini bukan bius total pertama gue, sebelumnya waktu dikuret juga bius total tapi itu cuma sebentar, paling juga 15menitan. Tapi karena banyaknya kru yg ada di ruangan itu jadi bikin gue nervous. Gue cuma bisa komat kamit berdoa semoga gue bisa bangun lagi abis operasi . Kalo ga salah gue sadar 4 jam kemudian.. lama bener yaaaa.... tau tau udah ada di ruangan trus banyak orang, yg gue inget mah suara bokap, nyokap ama laki gue doang. Setelah itu gue teler lagi... sumpahhhhhhh ngantuk bangetttttt.

Setelah totally sadar, yg gue rasakan adalah nyeri di perut, pas gue liat sudah ada 3 tembelan di sekitar pusar sama kanan dan kirinya. Katanya sih itu di bolongin. wekkkkkkkkkkkkksssssssssssss..... sama ada kateter di daerah V.. pantes gue ga pengen kencing. Yg gue pengenin adalah minum ama bergerak. Thats it.

Tapi ternyata perlakuan gue kaya orang abis Caesar. ga oleh bergerak dulu selama beberapa jam dan ga boleh minum kalo belum kentut. You know what.... gue baru kencing lebih dari 30 jam berikutnya. itu udah dibantu sama dulcolax segala tapi ga mempan. Akhirnya setelah lapar dan kehausan, gue banyakin oles2 minyak kayu putih di perut akhirnya dengan sekuat tenaga gue paksa untuk kentut. Abis itu langusng minum teh manis anget sama bubur sumsum.... enyaaakkkkkkkkkkk

Pelajaran yg paling penting dari operasi ini adalah sebisa mungkin gue ga mau operasi caesar kalo melahirkan nanti. After surgery nya ga enak banget. Ini aja sakitnya berminggu2. Mana cuma dikasih cuti 2 hari lagi. Syediihhhhh.....

Sebelumnya kami diinformasikan bahwa setelah laparoscopy ini, gue harus disuntik namanya ZOLADEX sebanyak 1 bulan sekali selama 3 bulan. Harganya waktu itu berkisar 1,7 juta rupiah. Suntiknya di perut dan rasanya sakitttttttt bangetttt.....


1 komentar:

Kokoronotomo mengatakan...

mbak, saya juga mendapat diagnosa awal PCOS...dan di terapi dengan obat Glucophage...obat u penderita diabetes, agar sel telur nya matang...:(