Minggu, 12 April 2009

PeNaNtiAn KaMi

Alhamdulillah... akhirnya penantianku dan Ay terjawab sudah.

Setelah deg-degkan telat 6 hari, baru berani tespack tgl 11 April 09 dan ternyata hasilnya POSITIF.  Seneeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng banget tapi bercampur khawatir. Takut seperti dulu lagi.  Tapi diniatin thinking positif aja.  Tubuh kita akan merepon semua energi posiitf itu kan?

Perjalanan kami dapet berita mengembirakan ini sebenernya bisa dikatakan cukup panjang.  Hihihihihi.... kalo dibilang panjang, ga enak sama senior2 yg lain yg masih berusaha.  Setelah gue ganti ganti dokter OBGYN sebanyak  7 orang dokter dan 2 orang dokter androlog :

1. Dr. Krisna Murti di Asih  (dulu sempet hamil nih pas setahun satu bulan pernikahan tapi ga berkembang alias BO alias Blighted Ovum)

2. Dr. Nugroho Kampono di Asih (dr ini T O P banget sebenarnya kalo udah hamil tapi kalo untuk treatment infertility kayanya kurang deh)

3. Dr. Eddy Katimansah di Cideng - referensi Mba Fifi, sepupunya Ay yg perawat di RS Budi Kemuliaan, katanya sih tokcer (dokter pertama yg nyuruh gue untuk tes HSG dan tes hormon tapi anehnya tempat kliniknya ga ada alat USG jadi gue cuma abis di obok2 sama dia dan diterawang... +_+   Laki gue disuruh rajin bangun pagi dan gue harus rajin bergerak.... iihhhhhhhhhh dokter tau banget sihhhh)

4. Dr. Wahyu Sapardan di Wijaya (Dokter pertama yg melakukan USG Transvaginal dan mem vonis gue PCOS - Polycystic Ovarian Syndrome - ternyata gue itu susah hamil lagi karena sel telur gue kecil kecil,  ga bisa membesar dan pantes aja sering telat menstruasi.  Menurut beliau, kondisi ini susah susah gampang, terapinya gampang cuma rajin minum obat, mengubah pola hidup sehat.  Tapi gue lagi2 bosan di dokter ini, abis selama 4 bulan obatnya itu  lagi itu lagi. Padahal ga ada perkembangan apa2 di sel telurnya.  Nanti deh another chapter untuk ceritain PCOS ini.)

5. Dr. Karel di RS Abdi Waluyo & RS Bunda Menteng - referensinya Devi, temen Ay (Dokternya suka siul siul kalo periksa transvaginal, suka ngecek daya tahan sperma setelah semalam berhubungan dengan mikroskop. Hasilnya sih sperma si Ay OK OK aja.  Ga bertahan lama dengan dokter ini karena menurut gue tindakannya ke Mba Anna (dalam menangani kehamilan diluar kandungannya) ga okeh banget.  Masa dia ga curiga kalo mba Anna suka ngeluh sakit di perutnya... uuuuughhhhhhhh payah deh. Langsung stop aja.)

6. Dr. Harini di RSPP  - referensi nya Wilda (so far sih dari awal dokternya OK.  Sabar dan banyak memberikan alternatif dalam mengobati PCOs ini. Dia menyarankan untuk Laparoscopy kalo gue udah bosen minum obat.  Ternyata proses ini emang tokcer banget buat PCOS. GPP deh Maharani and Halmahera harganya. Thank U dokter.   Sedikit kecewanya karena dokter ini setelah Laparoscopy, menyarankan untuk treatment suntikan Zoladex tapi dia ogah ogahan untuk ngelayanin nya. Gue udah bayar mahal masa yg nyuntik suster..... huhhhhhhhhhhhhhhh)

7. Dr. Wachyu Hadisaputra - referensi dari Internet.  Praktek di YPK and Bunda (baru ini deh dokter yg step step infertilitynya Okeh.. pantesan aja dia kan title nya KFER-konsultan fertilitas. Gue cukup puas dengan dia.  Setelah semua hasil tes gue dan Ay di cek, dan ternyata sangat OK untuk hamil, kami disarankan untuk inseminasi.  Tapi ternyata gagal.............. wakkkkkkkkkkkkk.... Aya naon? kalo lihat dari hasil lab nya, gue suspec gangguan immunologis sperma.  Kok jadi kaya mba Yayuk, sepupu gue... hmmmmmm ya udah deh di coba aja tes dulu.)

Dokter Androlog nya si AyBro:

1. Prof. Nukman Moeloek  (ga recommended)  masa hasil nya si Ay jelek mulu. Denger denger sih lab nya kurang akurat.  

2. Dr. Indra G Mansur - di YPK, Sam Marie dan Klinik Sayyidah Duren Sawit.

Disinilah semuanya jawaban yg selama ini gue tunggu tunggu berasal...... semua tes yg muahal itu akhirnya menginformasikan bahwa gue alergi sperma, bahasa kerennya ASA - Anti Sperm Antibody di level 16.384 (sangat tinggi) dan kudu PLI 6 x. PLI itu Paternal Leukocyte Immunization, jadi darah putih suami di suntikan ke gue, rasanya semriwing semriwing sakit.

Baru ketauan hamil setelah PLI ke IV. Ini juga nyolong nyolong nakal. Padahal harusnya tunggu sampe di level normal (64).  Evaluasi pertama setelah PLI yg ke 3, gue masih di level 1024. Masih jauh kan. Kalo menurut dokter Silvi (asistennya Dr. Indra) harusnya gue terapi tidak kontak dengan sperma dulu kalo mau cepet normal. hehehhe.... kalo hari subur gue nyolong nyolong dan ternyata berhasil juga... Amiiiinnnnnnnn.

Sehabis ini ternyata masih ada tes paket kehamilan. Toweeeeeeewwwwwwwwwwwwwwww... harganya bikin shock aja gt. tapi ya udah lah... semoga aja hasil tesnya bagus jadi ga perlu di infus immunoglobulin.. harganya mahal bo.. gue baca di blog mba Vikka, harganya 6juta aja gitu.

Makanya yg gampang punya anak, di sayang yaaaa anaknya. Punya anak itu muahalllll bo.

Harga terapi gue sampe sekarang aja udah seharga Xenia 1000 CC yg deluxe. Itu harga mobil di tahun 2004 sih....

1 komentar:

Kokoronotomo mengatakan...

salam kenal mbak...bahagia dech baca penantian yang telah dikabulkan Allah, saya masih menunggu kelanjutan share nya mbak...kebetulan saya juga pasien dokter Dewi Prabarini, Puri Cinere, dan sdh 4 tahun menikah, minggu lalu di kuret, pada kehamilan 10 minggu....